Menu

Selasa, 17 Juni 2014

Syiar Pelayanan Fakultas

Syiar dan Pelayanan Fakultas.

Syiar,
Pelayanan..
Syiar,
Pelayanan..


Saya pernah terkecoh dengan dua kata ini.


Saya, termasuk beberapa orang yang berada di bidang ini (Syiar dan Pelayanan Fakultas, red), saat merancang program kerja dalam satu tahun lebih terfokus dan menggebu-gebu pada kata “SYIAR” daripada “PELAYANAN”. Sehingga terciptalah ide ide gila untuk membuat video, rancangan agenda-agenda yang bisa dibilang WOW (Catur dengan Menggunakan Manusia sebagai Pion ny)  untuk memeriahkan moment Milad, Rajin Update status, Update notes, share foto, siaran di radio, berusaha keras supaya bisa masuk di koran lokal, tv lokal (Walaupun akhirnya Cuma berhasil masuk di Ru*iTV) yang semua itu tujuan nya satu : Menjadikan lembaga ini sebagai lembaga yang terkenal.
Itulah fungsi syiar,
kita menjual,
kita mempromosikan (marketing) sehingga orang tertarik, kemudian membeli.


Saya sadar, bahwa yang paling penting dari pengertian kata Syiar dan Pelayanan Fakultas itu bukan lah SYIAR ny, tapi PELAYANAN ny.
Karena dengan pelayan, secara tidak langsung kita juga sedang melakukan syiar.
Tapi dengan melakukan syiar, belum tentu kita sedang melayani.

Tadi sore, saya mendengarkan Rekaman Pidato di sebuah Apel :

“Kita merebut hati rakyat bukan dengan jumlah kita yang banyak,
Tapi karena KERJA-KERJA kita.
Kita merebut hati rakyat bukan karena uang kita yang banyak
Tapi PELAYANAN kita lah yang banyak.
Kita menjadi terkenal bukan karena kita ramai di media
Tapi karena kita ramai di rumah rumah warga”


Saat itu saya baru tersadar,
Bahwa selama ini saya telah salah paham dengan bidang ini.
Menjadi ramai di media (buletin, mading, media sosial, koran, maupun TV) memang penting
Tapi yang paling penting adalah pelayanan.
Pelayanan lah yang dibutuhkan, dan lebih di“lihat” eksistensinya
Bukan Syiar

Maka inilah pesan saya untuk kalian yang nantinya menjadi anak SPF lagi atau bahkan menjadi ketua ny :

Fokuslah pada program pelayanan,

Serahkan program EXIStensi organisasi pada anak-anak MEDIA
Biarkan bidang JARINGAN yang berusaha mencari LINK agar kita bisa masuk di media-media
Percayakan Pengelola Studi Islam Kampus dalam merekrut sebanyak banyak nya anak manusia
Jangan ragukan ke-bertanggung jawaban-Bidang Kaderisasi dalam menjaga SUHU pengurus
Stop mengurusi masalah-masalah internal, dan biarkan Sekretaris Umum yang mengatasinya
Jangan ngerecokin bidang Penelitian dan Pengembangan dalam memainkan isu fakultas
Jangan ganggu kreatifitas bidang Administrasi dan Kesekretariatan  dalam mengatur KENYAMANAN dan KEPERLUAN Administrasi MARKAS kita

Tapi JANGAN pernah terlalu mengharapkan bidang Kewirausahaan sebagai tulang punggung organisasi


Karena kita semua adalah TULANG PUNGGUNG organisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar